Jumat, 02 Februari 2018

Day 3 level 8

percaya ngga kalau kebiasaan orang tua menurun ke anaknya?, entah bad atau good habit, klo sy sih percaya bgd, krn anak memang penduplikasi terbaik ☺, nah karena itu sy berusaha sebaik mungkin menularkan "good" habit ke mereka (meski ngga memungkiri ada aja bad habit yg terduplikasi, misalnya keras kepalanya saya πŸ˜†, dimana sangat terduplikasi dg baik oleh zafranπŸ˜•), dan salah satu "good habit" tersebut adalah, melakukan pencatatan dg rinci setiap pengeluaran "uang" harian.
Saya memperoleh kebiasaan ini dari ibu saya, dan ibu saya memperolehnya dari ibunya (a.k.a nenek sy), see habit ortu pasti nurun ke anak dan bahkan cucu πŸ˜†, kali ini tugas saya untuk menurunkan ke anak saya.
Setiap pulang dari belanja, entah belanja "receh" sampai "lumayan ngertas" πŸ˜†, pasti saya libatkan anak anak, belum terlibat secara langsung sih, masih sebatas memperlihatkan ke mereka saat saya mengumpulkan semua nota belanja untuk dicatat, sambil mencatat sekaligus sy tanya ke mereka, "tadi kita blanja apa aja yah", biasanya mereka ikut jawab jawabin sampe bongkarin blanjaanπŸ˜ŠπŸ˜€. Oia untuk pencatatan ini, semua pengeluaran termasuk bayar parkir pinggir jalan pun wajib tercatat dan buku catatan pengeluaran saya ini terbagi menjadi tiga, yaitu buku catatan keuangan  khusus pendapatan ayah, pendapatan OL shop dan tabungan anak anak, hal ini untuk mempermudah melihat besaranya masing masing.
Dampak positif dari pencatatan ini adalah lebih terkontrolnya pengeluaran, krn jelas terpampang nyata berapa nominal pengeluaran, jd was was klo sudah nyerempet limit pengeluaran yg sudah dianggarkan πŸ˜†, yah mudah mudahan kelak anak anak juga terbiasa untuk melakukan rutinitas pencatatan ini atau bahkan bisa punya bisnis dari rutinitas ini? πŸ˜ŠπŸ˜‡πŸ˜†

#kuliahbunsayIIP
#tantangan10
#level8


#rejekiitupastikemulianharusdicari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar